Kontaminasi Silang (!)

Pada tau acara master chef kan? Itu lo, kompetisi memasak yang setiap sabtu dan minggu sore tayang di RCTI.. (tau aja deh, aku lemah kalo soal deskripsi..
MySpace). Nah pada tayangan beberapa waktu lalu, salah satu peserta melakukan kesalahan fatal sehingga membuatnya langsung masuk babak eliminasi . Padahal biasanya peserta yang masuk eliminasi merupakan peserta dengan hasil masakan terburuk pada tantangan memasak di babak sebelumnya. Usut punya usut kesalahan peserta tersebut adalah ia melakukan kontaminasi silang  JENG..JENG!! MySpace . Apa kontaminasi silang itu?? Separah apa kesalahan itu sehingga peserta tersebut dimasukkan ke dalam babak eliminasi tanpa ampun?? Apa peserta tersebut mampu menanggung beban berat ini?? Apa ini akhir dari mimpinya menjadi seorang master di dunia masak-memasak?? (mulai deh gak fokusnya!! MySpace ).


Hehe... oke gak usah pake basa-basi.. beberapa waktu lalu karna penasaran aku tanya-tanya deh ke om gugel soal kontaminasi silang ini.. ok, i will share you what i’ve got..







Yang dimaksud Kontaminasi silang adalah pindahnya mikroba patogen (penyebab penyakit) ke dalam makanan dari sumber lain yang sudah terkontaminasi.



Misal Kamu menaruh daging mentah bukan di freezer karna sudah penuh, kamu memasukannya di tempat pendingin biasa bercampur dengan makanan yang sudah matang. Tetesan dari daging tersebut bisa saja mengenai makanan matang dan mengkontaminasinya. Misal lagi nih, kamu gak sengaja  memotong bahan makanan  siap santap (mungkin sayur untuk salad) dengan menggunakan talenan bekas memotong daging sapi atau daging ayam mentah. Atau membersihkan pisau dengan kain lap “multifungsi” (yang di pakai untuk membersihkan peralatan apa saja di dapur) padahal pisau tersebut akan di pakai untuk memotong telur dadar atau mensuwir-suwir ayam. Dan parahnya pisau tersebut adalah pisau yang sama yang kamu pakai untuk mengiris-iris ikan mentah sebelumnya.



Gampangnya, kontaminasi silang ini terjadi saat makanan mentah yang berpotensi mengandung mikroba patogen ‘bersentuhan’ dengan makanan siap santap. Selain dari makanan ke makanan, kontaminasi ini juga terjadi jika bahan pangan ‘bersentuhan’ dengan peralatan dapur yang terkontaminasi dan atau kontaminasi dari manusia ke bahan pangan.



Seperti kita ketahui, adanya mikroba patogen dalam makanan bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, mual, muntah, pusing, bahkan sampai bisa menyebabkan kematian. Masih ingat tentang wabah mematikan di Jerman yang disebabkan oleh mutasi bakteri e-coli? Penularannya juga diperani oleh kontaminasi silang ini.. hm... MySpace
Bahaya sekali ya.. sekarang jadi masuk akal kenapa melakukan kontaminasi silang ini menjadi dosa besar apalagi dilakukan oleh seorang calon chef. MySpace



Biasanya nih, kalo di rumah, dengan peralatan seadanya dimana gak selengkap di galeri master chef ( mending gak usah di bandingin deh MySpace ) tanpa sengaja kita atau ibu kita atau juga pembantu kita kadang melakukan ini. Nah, sekarang kamu semua udah pada ngerti apa itu kontaminasi silang kan? (yang bilang enggak sana gugling sendiri! MySpace  ). Oke, kita anggap semua ngerti (ingat anak ini lemah kalo soal deskripsi), mulai sekarang kamu bisa jadi polisi makanan di rumah kamu sendiri, kalo kamu liat ibu atau pembantu kamu melakukan kontaminasi silang, jangan tunggu lagi, langsung kirim mereka ke babak eliminasi! (ups) Haha, maksudku langsung aja suruh baca postingan ini biar mereka ngerti  (promosi) MySpace . Gak deng..., kamu sedikit demi sedikit bisa memberi pengertian ke mereka kalo hal seperti itu berbahaya. Tapi kalo kamu merasa  kerepotan karna memiliki masalah kesulitan deskripsi kayak aku, mulai sekarang kamu harus belajar masak sendiri! ingat jangan sekali-sekali melakukan kontaminasi silang MySpace selain ngeringanin beban ortu, kamu gak perlu repot jelasin tentang kontaminasi silang ke mereka (idih, segitunya.. padahal mengamalkan ilmu itu berpahala.. ckckck) . Atau kalau lebih gak mau repot dan pusing mikirin kontaminasi silang, ku sarankan saat membaca baris pertama dari post ini seharusnya kamu langsung meninggalkannya!!! Telat! Kamu udah sejauh ini, kamu wajib membagikan link posting ini ke lima temen kamu, kalo gak...MySpace kamu akan menerima akibatnya..fufufufufufufu..  MySpace  (oke. Cukup ! ) balik lagi .. 





Cukup mudah untuk mencegah kontaminasi silang di rumah tangga atau di industri besar, check this out!!! :
  • Saat berbelanja makanan, pisahkan daging, ayam, atau ikan mentah dengan bahan yang lain pada keranjangmu. Letakkan pada kemasan plastik tersendiri untuk mencegah menetesnya cairan dari bahan pangan tersebut ke makanan lain. Pada restoran atau industri makanan, bahan baku biasanya dikirim oleh pemasok ke tempat kamu. Pastikan area penerimaan dalam keadaan bersih. Apabila bahan mentah dikirim menggunakan mobil berpendingin, nyalakan terus mesin pendingin selama proses penerimaan. Langsung masukkan bahan tersebut ke dalam ruang pendingin, jangan biarkan terlalu lama di luar pendingin.
  • Pada saat penyimpanan Pisahkan bahan pangan mentah yang mungkin menyebabkan kontaminasi silang dengan makanan yang tidak akan mengalami proses pemasakan lagi. Gunakan wadah untuk mencegah tetesan dari daging, ayam, ataupun ikan mentah.
  • Pada saat pengolahan Pastikan bahwa kamu atau siapapun yang ada dalam area pengolahan selalu mengenakan pakaian yang bersih dan mencuci tangan sebelum menangani makanan, setelah menyentuh rambut, hidung, atau benda kotor lain, setelah ke toilet, ataupun pada saat merasa tangan tidak bersih lagi. Selain sabun untuk menghilangkan kotoran, gunakan sanitizer untuk menghilangkan mikroba. Untuk peralatan yang digunakan dalam proses, pembersihan dan sanitasi juga harus dilakukan. Sebelum digunakan, pastikan semua alat dalam keadaan bersih tanpa sisa-sisa makanan dari proses sebelumnya. Bedakan dan pisahkan peralatan yang digunakan untuk menangani bahan pangan mentah dan makanan yang siap saji. Jika peralatan mulai rusak dan sulit dibersihkan, ganti dengan yang baru.
  • Pada saat penyajianGunakan piring/wadah yang bersih untuk menyajikan makanan. Gunakan wadah bersih yang baru untuk makanan yang dipanaskan kembali. Jangan gunakan wadah yang sebelumnya dipakai untuk bahan mentah.
Gimana, gak sulit kan? Kata AA gym (masih pada inget ulama yang pernah kondang ini kan? MySpace ) melakukan perubahan itu dapat di mulai dari hal yang kecil, dari sekarang, dan dari diri sendiri... 


ok, last.. have a nice week! keep blogging, keep posting! MySpace

Best regards,




Read More..

kata (mu) adalah aku



1 ..
10..
ratusan..
ribuan ..
jutaan kata..

aku kamu..
bertemu dalam lembaran kertas-kertas kosong.
rapat.., akrab .., menyenangkan..

aku kamu
dalam sebuah ruang 7x 5 meter di suatu kesempatan
hening..,
senyap..,
singkat.

ternyata menulis itu melelahkan.
kata itu di simpan..,
di sembunyikan..,
di pendam..,
terlupakan.

kamu menunggu.
tak pernah habis membacanya.
Rumit.

aku ,
 menghabur-hamburkan kertasmu.







Read More..

    take me....


    'watch' this ^^

    Followers

    Banner [click!]

    /**/ link banner ok
    ..::.. diLa aLDiLa FadHiLa ..::..

    Suara Petualang Create your own banner at mybannermaker.com!
    Make your own banner at MyBannerMaker.com!
    wong284 langit senja tips dan trk bloggerRumah Imajinasi ebook,jihad,fiqih, motivasi,news,shabat nabi,story Aul's banner kimochiku

    Footprints