serupa tapi tak sama

(sebelumnya mari qt baca do'a sebelum makan..)

Sluurrp...sluurrppp.... ini oleh2 dari kelua,, sebuah kecamatan di kabupaten Hulu Sungai Utara-Amuntai-Kalimantan Selatan. Bagi yang g tau, Pepaken itu = Buah Lai (lai..lai..,lai..lai..,lai..lai... panggil aku si jablai...*bukan!!! bukan itu maksudq..--"*)

nih sedikit info tentang si lai..

nah, buah lai ini emang serupa sama duren,,nama latinnya az Durio kutejensis
-buah ini asalnya dari tanah Kutai-Kalimantan Timur (keliatan kan dari kata "kute" pada kutejensis)- sedang durian itu nama latinnya = Durio zibethinus,, mirip ya..:).. kalo kalian nanti punya anak kembar,, alternatif nama ini bisa di pake,, selain keren juga punya nilai historis.. ( try this 8^^8 )

ciri fisik (laporan pandangan mata):
.buah lai:duri kulitnya lebih tumpul, pada umumnya berukuran 2 kepalan tangan orang dewasa (tapi aq pernah makan yang kecil kira2 diameter 15 cm -eh itu sama kaya 2 kepalan orang dewasa ya? he..-)pokoknya dia ga ada yang gede kayak duren montong..(jadi pengen duren montong.. *mupeng)lanjut! daging buah warnanya orange..

.buah duren:duri kulitnya tajem banget..(pengalaman luka gara2 ngebuka duren dengan brutal),ukurannya ya segitu..gede deh..,daging buahnya ada yang kuning cerah tapi ada juga yang kuning pucat (mungkin lagi sakit).

oke, sekarang kita bicara soal rasa.. menurutku sih,, keduanya sama2 euuunaaaakkkkk...*lebay mode:on* tapi si lai ini daging buahnya agak lebih keras di banding duren, ini membuat rasanya terasa lebih 'pekat' kalo salah pilih (dapet yang g manis),rasanya = tawar kayak mentega kurang lemak (??) tapi kalo dapet yang manis wuuuuuiiiih.... lezat sampai ke alam mimpi...*lagi2 lebay* di tambah lagi buah ini ga bikin pusing kalo di makan terlalu banyak (beda kalo kita makan durian) jadi bagi pengidap darah tinggi yang pengen banget makan durian bisa melampiaskan rindunya pada buah lai ini (tapi ya jangan kebanyakan juga,, kan berlebih-lebihan itu tidak di senangi Allah.. :) )

mm.. apa lagi ya?? kayanya segini az.. okeh.. kita tutup dengan mengucapkan hamdallah..(Alhamdulillah...^^)
4 Responses
  1. echa Says:

    tidaaaak suka buah lai, duren yg paling muanteep


  2. -boot_d- Says:

    bismillah.. ^^

    --a em... buah lai itu emang beda ya dengan durian?!
    (mungkin ga akan percaya, kalo gak mencicipi langsung... --")


  3. iq Says:

    aku tak suka dureeeen..haha


  4. nee.Ya.nia Says:

    echa>> hmm... aq mengerti keinginanmu anakku..*angguk2 sok bijak

    boot>> hihi..selamat penasaran.. ^m^

    iq>> silakan coba lai..^^8


    take me....


    'watch' this ^^

    Followers

    Banner [click!]

    /**/ link banner ok
    ..::.. diLa aLDiLa FadHiLa ..::..

    Suara Petualang Create your own banner at mybannermaker.com!
    Make your own banner at MyBannerMaker.com!
    wong284 langit senja tips dan trk bloggerRumah Imajinasi ebook,jihad,fiqih, motivasi,news,shabat nabi,story Aul's banner kimochiku

    Footprints