Memories of Pare

Hai.. hai.... dah 2 minggu gak ngeblog.. waktu di buka ni blog dah berlumut aja... hiiyyyy.... but now, i'm hereeee... yeah... mumpung masih fresh aku akan mengupas (secara tajam) rahasia menghilang kemana diriku selama 2 minggu ini.. tarrrraaaaaa....


Pada tau kampung inggris di Pare - Kediri - Jawa Timur ??? ada yang tau?? (tengok kanan kiri).
oke,, anggap kalian gak tau.. :D nih ku kasih tahu (sombong,, taunya juga baru..!!).


Waktu denger 'kampung inggris' kalian pasti mikir tentang sebuah kampung yang penduduknya bule-bule kece yang masih menjaga adat istiadat dan norma-norma pedesaan.. (eh? gak ada yang mikir kayak gitu??! oke, ganti..!). Pasti kalian mikir tentang sebuah kampung yang penduduknya bule-bule kece yang bekerja di Indonesia yang masih menjaga adat istiadat dan norma-norma pedesaan.. (eh?.. bukan juga??!) ya udahlah,
anything that coming into your mind when you hear 'english village' it is up to you deeeh.. hwehehehe..

Yang pasti, Pare itu sebuah kampung biasa, yang penduduknya masih sangat religius dan bersahaja.. bedanya dengan kampung-kampung biasanya,, ketika kalian menginjak Pare, kalian bakal disuguhi dengan spanduk-spanduk lembaga kursus yang mewarkan kursus bahasa inggris dengan berbagai program, biasanya kebanyakan yang datang ke Pare akan ngambil program
camp, mirip kayak camp-camp musim panas di luar negeri. Nah kalo yang di Pare ini kita ngecamp buat meningkatkan skill bahasa inggris kita, kayak grammar, speaking, atau pronaunciation.. tapi bagi yang gak pengen ngecamp karena males di atur-atur (soalnya ngecamp itu 11 12 sama mondok di pesantren, disiplin, terorganisir dan padat banget kegiatannya.. hehe) jangan khawatir, kamu bisa ngekos trus ambil program mandiri di lembaga2 kursus yang menjamur di sana..kamu bisa ambil program sebanyak otak dan kantongmu mampu.. :)) tapi kalo kamu emang pengen maksimal di sana, emang lebih bagus nge- camp..(kok aku jadi kayak sales gini.. --").

Aku juga sebenernya baru tahu tempat ini dari temenku, dia termasuk informan yang payah, terbukti waktu dia nyeritain tentang kampung ini, dipikiranku ini adalah kampung yang penduduknya bahasa sehari-harinya adalah bahasa inggris,, sampe ngegosip aja pake bahasa inggris,, menakjubkan kan ngebayangin ada segerombolan ibu-ibu dasteran ngerubungin gerobak sayur trus ngegosipin Cut Tari pake bahasa inggris, apalagi kalo di antara ibu-ibu itu ada satu orang nenek-nenek nyempil yang lebih tertarik ngegosipin cucunya yang udah gak ngompol lagi ke tukang sayur (tentu aja pake bahasa inggris)... o.o kerenn.... Ternyata aku salah besar!! ibu-ibu + 1 nenek-nenek itu ngobrolnya tetep pake bahasa jawa ! ya.. aku ketipu mentah-mentah.. faktanya kita wajib berbahasa inggris di area yang ada tulisan english areanya aja! untungnya aku bukan satu-satunya yang ketipu,, contohnya temenku (bukan si informan) sebut aja si A.

Ceritanya kita dah nyampe Pare, waktu di jalan nyari-nyari alamat kos-an terjadi percakapan antara si A dan ibunya ( kita dianterin pake mobil omnya si A, ibu bapaknya ikut nganter juga).

* i = ibu si A
karna udah malem banget (sekitar j 11) kita jadi susah liat palang-palang nama jalan.

i : Isi sms temenmu bilang kosannya dimana?

A : Katanya Jl. As**ia di depannya rumah 7A warna ijo.. (sebenarnya ini ambigu, entah yang warna ijo itu kosan kita atau rumah 7A itu).

i: Kalo gak nemu ntar tanya orang aja.. harus pake bahasa inggris lo..

A: Lo.. masa sih bu??

i: Iya.. kalo kamu gak pake bahasa inggris ntar ada yang ngelaporin terus kena denda.

A: (komat-kamit, latihan tanya alamat pake bahasa inggris).

Beruntung rumahnya ketemu tanpa perlu tanya orang.. kan gak lucu pas kita tanya pake bahasa inggris, orangnya jawab pake bahasa jawa. Mending sih, daripada dia bilang.."Maaf mbak, pake bahasa jawa aja saya gak ngerti.." (Gubrak!).

::Sekedar info: Yang ijo itu warna rumah kosan kita.. :)

Jadi, kenapa dong dinamain kampung inggris?
Kalo ada yang nanya gitu jawabannya simpel : Karena di kampung itu banyak kursus-an bahasa inggrisnya.., trus ada beberapa spot yang english area hehe..

Jadi kalo ada kampung banyak tempat produksi tempe namanya bakal jadi kampung tempe donk... kalo ada kampung banyak tempat jualan sate namanya kampung sate donk?? Trus kalo ada kampung yang banyak tempat jualan es tebu namanya...
Stop! arrrrgh!! bukan gitu..!!! --")9 (mulai menyesal bikin post ini).

Oke..^^)a Dari uraian yang super informatif ini tentu kalian dah punya gambaran tentang kampung ini kan...?? iya kan?? (kalo belum, di sarankan ke mbah gugel.. *penulis mulai frustasi*).
Di kampung inilah aku bertapa selama 2 minggu,, mendalami ilmu kanuragan tentang per-grammar-an. :)


Nah, sekarang giliran objek wisatanya
. Hari terakhir setelah final exam (tes yang menentukan kompeten atau gaknya kita setelah digodok selama 2 minggu itu) kita main ke Goa Surowono (ini nama kerennya) tapi Menurut guide-nya, nama goa ini sebenarnya Goa Kahuripan yang secara bahasa artinya goa kehidupan. Dari Pare ke goa ini = 45 menit perjalanan menggunakan sepeda ontel. Waktu tiba di lokasi kalian gak bakal nyangka kalo di situ ada objek wisata, karena di sana gak ada sama sekali palang yang menginformasikan hal tersebut (terbukti pemerintahnya kurang care). Waktu akan masuk ke goanya pemandangan yang menyambut kalian pertama kali adalah lubang besar di tanah yang kedalamannya sekitar 7 meter dengan mata air di dasar lubangnya.. di sebagian sisi lubang di tumbuhi rumpun bambu yang memang banyak di temui di kawasan ini.

Sampai di sini kalian akan bertanya-tanya di mana mulut goanya??? Jawabannya hanya bisa diketahui kalo kalian menuruni lubang besar itu (tenang, ada tangganya kok). Goanya sendiri berukuran sekitar 1.6 meter dengan lebar 0.5 meter, bagi yang phobia kegelapan dan ruang sempit sebaiknya jangan ikutan. Goa ini unik, karena letaknya yang berada di bawah tanah
(serasa jadi petualang di film the journey to the center of the earth :D ) serta berdekatan dengan sumber mata air, lantainya digenangi air setinggi lutut dan dinding terus mengeluarkan air membentuk air terjun kecil-kecil, airnya bisa langsung diminum, rasanya segar.. :) - tiba-tiba merasa rugi karena gak bawa galon, lumayan buat persediaan minum di kos.. haha-. Pada tau kan kalo air itu sumber kehidupan? nah mungkin itu alasannya kenapa goa itu dinamai 'kahuripan' :) (aku juga taunya dari seniorku..hehe).

Oke balik, sepanjang penyusuran kita diceritain sedikit tentang sejarah goa ini, goa ini katanya udah ada sejak 1000 tahun yang lalu (kalo gak salah inget) waktu jaman pemerintahan Airlangga dari Kerajaan Daha (atau Doho ya? atau sama aja? --a). Goa ini di buat pake keris, jadi katanya kerisnya itu jalan sendiri ngebor goa ini gitu... --)b. Goa ini terdiri dari 4 jalur (jadi ada 4 goa). Nah kemaren karena rombonganku kesorean kita cuma bisa sampe jalur 2, kurang puas sih, tapi apa daya tangan tak sampai. Katanya, jalur 4 itu jalur menuju kolam mandi yang di bangun oleh belanda.. pasti keren... (jadi pengen balik) di tambah lagi jalur 4 ini jalur yang menantang karena rendahnya langit-langit goa, untuk menyusurinya kita sampai harus tiarap . oh iya, satu hal yang penting, ku kasih tau ya... biaya masuk kawasan wisata ini cuma sebesar rp. 500,00!!! buruan sebelum kehabisan!!! (apa sih?!! --" ).
Mm....Trus kalo gak salah ini tambah rp.1000,00 untuk biaya guide, bagi kamu yang buta arah (dan gak) serta miskin pengalaman dalam berpetualang, guide sangatlah penting, karena seperti goa-goa pada umumnya, goa kahuripan yang tampak ramah ini (lebay...) juga memiliki jalur-jalur tipuan, salah jalur = nyasar.. horor gak sih kesasar di gua sempit n gelap... wuuuu.. \(~.,-)/.

Gimana?? Menarik kan.. ;).

Oke sekian yang dapat saya informasikan salah khilaf mohon dimaafkan. Nia dan segenap kru yang terlibat melaporkan dari tempat kejadian.. see ya!!


*oh iya.. Blogger-blogger yang beriman.. mohon maaf lahir batin ya... dan
selamat menunaikan ibadah puasa.. \^^/ *


2 Responses
  1. -boot_d- Says:

    wah, serasa baca brosur kursus bhs.inggris dari primagama.. XD wkwkwkk..

    iya loh, awalnya aku ngiranya juga semua penduduknya ngomongnya pake bhs.inggris, eh ternyata enggak.. --a terimakasih guru,, sekarang aku jadi tahu.. -/\-

    I know who is 'si A' X'D


    terakhir,, anda cocok jadi salesman.. XD


  2. nee.Ya.nia Says:

    iya, guru lesnya adekq juga ngira gitu,, kayaknya semua orang ngira gitu.. tunggu aja sampe mereka baca postq...(kePeDean..hehe :D).

    SSssttt... (-b-)

    --"


    take me....


    'watch' this ^^

    Followers

    Banner [click!]

    /**/ link banner ok
    ..::.. diLa aLDiLa FadHiLa ..::..

    Suara Petualang Create your own banner at mybannermaker.com!
    Make your own banner at MyBannerMaker.com!
    wong284 langit senja tips dan trk bloggerRumah Imajinasi ebook,jihad,fiqih, motivasi,news,shabat nabi,story Aul's banner kimochiku

    Footprints